Senin, 29 Oktober 2012

Animasi Melalui Photoshop

1.  Instaal Aplikasi Photoshop pada komputer anda dalam versi cs3 yang saya pakai . 


2. Membuka layer atau dokumen baru yang akan kita jadikan lembar kerja kita, kalo dalam kehidupan 
    namanya sebuah kertas selembar.




3. Setelah membuat suatu lembaran baru yang akan menjadi kertas kerja kita, maka selanjutnya melihat isi layer - layer yang akan dimunculkan pada animasi yang akan bergerak.


4. Setelah itu pilih lah Menu Windows lalu  Animasi pada menubar yang ada pada photoshop tersebut.




5. Untuk membuat animasi tahap pertama yaitu tampilan putih tidak terlihat satu elemen pun, dilakukan dengan cara membuka tab “Layers” dan menyembunyikan semua layer kecuali background. Kalau bingung bagaimana cara menyembunyikan layernya, klik saja ikon mata di sebelah kiri tiap layer

6. Setelah semua elemen disembunyikan, selanjutnya kita pindah lagi ke tab “Animation (Frames)”. Sekarang kita atur waktu tampilan pada frame pertama ini. Caranya klik tulisan “0 seconds” lalu pilih satu detik untuk tampilan frame pertama ini. Ini artinya frame ini hanya ditampilkan selama satu detik lalu pindah ke frame selanjutnya.


7.  Langkah selanjutnya adalah membuat frame kedua. Caranya klik ikon "duplicates selected frames" di bagian bawah, ikon ini akan menduplikasi frame sebelumnya sebagai frame baru. Atur waktu tampilan frame ini.

8. Untuk menambahkan frame ketiga dan seterusnya, ikuti langkah sebelumnya, tentukan berapa detik waktu tampilan masing-masing frame.

8. Simpan kertas kerja dengan format .gif dengan cara membuka menu file -> save  for web and devices -> save -> done. Lalu format .gift karena kalo tidak save for web and devices tidak bisa bergerak dan hanya berupa gambar.





9. Selesai dan Nikmati hasil karya kalian.. 

0 komentar:

Posting Komentar