Jumat, 21 Maret 2014

Makalah Generasi Komputer

MAKALAH
ORGANISASI KOMPUTER
SEJARAH DAN PERKEMBANGAN KOMPUTER DARI GENERASI PERTAMA HINGGA SEKARANG
Oleh:
                  









Kamal Nuur Huda
53410828
                                                                        4ia18


PENGANTAR KOMPUTASI MODERN
UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS TEKNIK INDUSTRI
PROGRAM STUDI S1 TEKNIK INFORMATIKA
KALIMALANG
2014



Proses Pengolahan data telah digunakan manusia sejak dulu. Dalam pemrosesan data tersebut manusia menggunakan peralatan peralatan baik itu mekanik ataupun elektronik , baik itu perhitungan dan pengolahan data lainnya agar bisa mendapatkan hasil data lebih cepat. Saat ini komputer sangatlah berbeda dengan dulu (tahun 1940 an). Teknologi komputer yang kita gunakan saat ini merupakan hasil dari perubahan-perubahan panjang dari penggunaan peralatan mekanik kuno hingga elektronik yang sudah maju (Yani, 2012).
Kemampuan komputer saat ini tidak hanya sekedar digunakan untuk perhitungan matematik saja, akan tetapi lebih dari itu, misalnya saja sistem komputer di kassa supermarket, sistem keamanan, audio video conference, multimedia, dan lain sebagainya yang didukung oleh sistem jaringan komputer dan internet yang menghubungkan seluruh komputer di berbagai tempat seluruh dunia (Yani,2012)

Asal mula komputer dibagi dalam beberapa periode sebagai berikut :
a.       Abacus
Alat ini muncul kira kira 5000 tahun yang lalu, tepatnya di Asia kecil dan sampai saat ini pun masih digunakan oleh beberapa tempat di daerah sekitarnya. Alat ini dianggap sebagai awal mula mesin yang memiliki kinerja komputasi. Penggunaannya untuk melakukan perhitungan skala kecil. Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di Eropa, Abacus kehilangan popularitasnya (Kamal, 2014).

b.      Kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator )
Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi. Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik untuk membantu ayahnya dalam melakukan perhitungan pajak. Kotak persegi kuningan dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan (Kamal, 2014).
c.       Kalkulator roda numerik 2
Tahun 1694, seseorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat menghitung perkalian. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambar gambar yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya (Kamal,2014).

d.      Kalkulator Mekanik
Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar, yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian (Yani, 2012).
Awal mula sekali komputer didesain oleh profesor matematika Inggris, Charles Babbage (1791-1871). Tahun 1812, Babbage memperhatikan kesesuain alam antara mesin mekanik dan matematika, yaitu mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulang kali tanpa kesalahan sedang matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertentu. Masalah tersebut kemudian berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab kebutuhan mekanik (Kamal, 2014).
Usaha Babbage yang pertama untuk menjawab masalah ini muncul pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin untuk melakukan perhitungan persamaan differensial. Mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial. Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis. Selanjutnya, komputer mulai berkembang ke teknologi tabung (Kamal, 2014).


Komputer yang dikembangkan oleh Amerika Serikat pada tahun 1940-an, yang dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980). Komputer ini diberi nama ENIAC. ENIAC merupakan singkatan dari Electronic Numerical Integrator and Computer. Awalnya komputer generasi pertama ini dikembangkan dan digunakan sebagai alat untuk mendesain pesawat militer untuk perang dunia kedua. Ukuran dari ENIAC ini sangat besar. Bahkan yang lebih mencengangkan adalah spesifikasi pada saat itu yang membutuhkan 8.000 tabung vakum, 70.000 resistor, 5 juta titik solder, dan komputer ini memakan sekitar 160Kw untuk menjalankannya. ENIAC berukuran sangat besar, untuk penempatannya membutuhkan ruang 500m2. ENIAC menggunakan 18.000 tabung hampa udara, 75.000 relay dan saklar, 10.000 kapasitor, dan 70.000 resistor. ENIAC memiliki berat lebih dari 30 ton, dan menempati ruangan 162m2 (Putra, 2011).

Mesin Von Neumann
Mesin ini dikembangkan oleh seorang ahli matamatika yaitu John Von Neumann yang juga merupakan konsultan proyek ENIAC. Mesin ini dikembangkan mulai tahun 1945 yang memberikan gagasan sebagai stored-program concept, yaitu sebuah konsep untuk mempermudah proses program agar dapat direpresentasikan dalam bentuk yang cocok untuk penyimpanan dalam memori untuk semua data. Gagasan ini juga dibuat hampir pada waktu yang bersamaan dengan Turing. Selanjutnya Von Neumann mempublikasikannya dengan nama baru yaitu: Electronic Discrete Variable Computer (EDVAC) (Fauzan, 2010).
Semua input dan output dilakukan melalui kartu plong. Dalam waktu satu detik, ENIAC mampu melakukan 5.000 perhitungan dengan 10 digit angka yang bila dilakukan secara manual oleh manusia akan memakan waktu 300 hari, dan ini merupakan operasi tercepat saat itu dibanding semua komputer mekanis lainnya. ENIAC dioperasikan sampai tahun 1955. Teknologi yang digunakan ENIAC adalah menggunakan tabung vakum yang dipakai oleh Laboratorium Riset Peluru Kendali Angkatan Darat (Army’s Ballistics Research Laboratory-LBR) Amerika Serikat
(Fauzan, 2010).
Selanjutnya mesin ini dikembangkan kembali dengan perbaikan-perbaikan pada tahun 1947, yang disebut sebagai generasi pertama komputer elektronik terprogram modern yang disediakan secara komersial dengan nama EDVAC, EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic Calculator), dan UNIVAC1 dan 2 (Universal Automatic Computer) yang dikembangkan oleh Eckert dan Mauchly. Untuk pertama kalinya komputer tersebut menggunakan Random Access Memory (RAM) untuk menyimpan bagian-bagian dari data yang diperlukan secara cepat (Fauzan, 2010).
Dengan konsep itulah John Von Neumann dijuluki sebagai bapak komputer modern pertama di dunia yang konsepnya masih digunakan sampai sekarang. John Von Neumann lahir di Budapest, Hongaria 28 Desember 1903 dan meninggal pada tanggal 8 Februari 1957 di Washington DC, AS. Von Neumann sangat cerdas dalam matematika dan angka-angka. Pada usia eman tahun dia sudah dapat menghitung pembagian angka dengan delapan digit tanpa menggunakan kertas atau alat bantu lainnya. Pendidikannya dimulai di University of Budapest pada tahun 1921 di jurusan kimia. Tapi kemudian dia kembali kepada kesukaannya, matematika, dan menyelesaikan doktoralnya di bidang matematika di tahun 1928. di tahun 1930 dia mendapatakan kesempatan pergi ke Princeton University (AS). Pada tahun 1933, Institute of Advanced Studies dibentuk dan dia menjadi salah satu dari enam professor matematika di sana. Von Neumann kemudian menjadi warga negara Amerika.Von Neumann juga merupakan orang pertama yang mencetuskan istilah “Game Theory” yang kemudian berkembang menjadi ilmu tersendiri. Game theory bermanfaat untuk mensimulasikan permainan, seperti catur, bridge, dan sejenisnya. Dia juga bermanfaat untuk mensimulasikan perang (Fauzan, 2010).

Generasi kedua ini merupakan perkembangan dari ENIAC yang merupakan generasi pertama dari komputer. Perkembangan ini seiring di temukannya transistor yang mengurangi banyaknya mesin-mesin elektrik. Transistor ini mulai digunakan pada komputer pada tahun 1956 dan sehingga terciptanya komputer generasi kedua yang diberi nama LARC. LARC sendiri dikembangkan oleh IBM pada saat itu. Dan sejak saat itulah komputer mulai digunakkan sebagai alat yang lebih fleksibel, yaitu bisa digunakan untuk pemrograman dan sudah banyak universitas-universitas menggunakan teknologi tersebut (Putra, 2011).
Komputer generasi kedua menggunakan transistor dan dioda untuk menggantikan tabung vakum, walaupun keduanya juga mudah terbakar. Pada komputer generasi kedua, diperkenalkan cara baru untuk menyimpan data, yaitu dengan penyimpanan secara magnetik. Penyimpanan secara magnetik menggunakan besi-besi lunak yang dililit oleh kawat. Kecepatan proses komputer generasi kedua lebih cepat dibandingkan generasi pertama. Awalnya, komputer generasi kedua menggunakan bahasa program tingkat tinggi, seperti FORTRAN (1954) dan COBOL (1959). Kedua bahasa program itu menggantikan bahasa mesin (low level language). Pada generasi ini, ukuran komputer lebih kecil. Komputer generasi ini digunakan untuk proses data di bidang perniagaan, universitas, dan militer
(Anggris, 2013)

Pada generasi ketiga inilah teknologi Integrated Circuit (IC) menjadi ciri utama karena mulai digunakan pada sebuah perangkat komputer hingga generasi sekarang. Komponen IC berbentuk hybrid atau solid (SLT) dan monolithyc (MST). SLT adalah transistor dan diode diletakkan terpisah dalam satu tempat sedangkan MST adalah elemen transistor, diode, dan resistor diletakkan bersama dalam satu chip. MST lebih kesil tetapi mempunyai kemmapuan lebih besar dibanding SLT (Fauzan, 2010).
IC dibuat pertama kali oleh Texas Istruments dan Fairchild Semiconductor pada tahun 1959 yang hanya berisi enam transistor. Bisa kita bandingkan bahwa prosesor saat ini yang kita gunakan telah memiliki jutaan, puluhan, ratusan juta transistor, bahkan telah didesain prosesor dengan miliaran transistor. Sebuah perkembangan yang luar biasa dalam masa kurang dari setengah abad (Fauzan, 2010).

IC (Integrated Circuits) pada generasi keempat lebih kompleks dan terintegrasi dari pada generasi ketiga. Perkembangan yang dianggap sebagai komputer generasi keempat adalah penggunaan Large Scale Integration (LSI) dengan pemadatan beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah keping IC yang disebut chip dan Very Large Scale Integration (VLSI) yang dapat menampung puluhan ribu hingga ratusan ribu IC. Selanjutnya dikembangkannya komputer mikro yang menggunakan mikroprosesor dan semikonduktor yang berbentuk chip untuk memori komputer internal sementara generasi sebelumnya menggunakan magnetic core storage. Komputer-komputer generasi keempat ini tidak satupun yang PC-Compatible atau Macintosh-Compatible. Sehingga pada generasi ini belum ditentukan standar sebuah komputer terutama personal computer (PC). Contohnya: PC (Personal Computer). Teknologi IC komputer generasi ini yang membedakan antara komputer mikro dan komputer mini serta main frame. Beberapa teknologi IC pada generasi ini adalah Prosesor 6086, 80286, 80386, 80486, Pentium I, Celeron, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, Dual Core, Core to Duo, Quad Core, Core i3, i5, i7, Ivy bridge (buatan Intel), dan ada juga AMD K6, Athlon dsb (Anggris, 2013).

Akhir tahun 1980, IBM memutuskan untuk membangun sebuah komputer personal (PC) secara massal, yang pada tanggal 12 Agustus 1981 menjadi sebuah standar komputer PC, dan pada akhirnya hingga saat ini PC dikenal dengan nama standar IBM-PC. Prosesor yang digunakan adalah 8088/8086 yang menjadi standar komputer saat ini, menggunakan basis proses 16 bit persatuan waktu. Dengan lahirnya komputer generasi kelima ini, IBM bekerja sama dengan Microsoft untuk mengembangkan software di dalamnya. Hingga saat ini Microsoft mendominasi kebutuhan software di dunia PC (Fauzan, 2010).
Pada perkembangan selanjutnya perubahan besar terjadi bahwa sejak IBM-PC diperkenalkan dan bukan menjadi satu-satunya manufaktur PC-compatible, maka standar baru dalam dunia industri PC lebih dikembangkan oleh perusahaan lain seperti Intel dan Microsoft yang dipelopori oleh W. Bill Gates yang menjadi pionir standar hardware dan software dunia (Fauzan, 2010).
Pada generasi kelima ini, telah dilakukan pengembangan dengan apa yang dinamakan Josephson Junction, teknologi yang akan menggantikan chip yang mempunyai kemampuan memproses trilyunan operasi perdetik sementara teknologi chip hanya mampu memproses miliaran operasi perdetik. Komputer pada generasi ini akan dapat menerjemahkan bahasa manusia, manusia dapat langsung bercakap-cakap dengan komputer serta adanya penghematan energi komputer. Sifat luar biasa ini disebut sebagai “Artificial Intelligence”, selain itu juga berbasis Graphic User Interface (GUI), multimedia, dan multikomunikasi (Fauzan, 2010).
Contoh-contoh komputer yang lahir pada generasi kelima berbasis x86, seperti chip 286 yang diperkenalkan pada tahun 1982 dengan 134.000 transistor, kemudian chip 386 pada tahun 1983 dengan 275.000 transistor, sedangkan chip 486 diperkenalkan tahun 1989 yang memiliki 1,2 juta transistor. Selanjutnya pada tahun 1993 Intel memperkenalkan keluarga prosesor 586 yang disebut Pentium 1 dengan jumlah transistor 3,1 juta untuk melakkan 90 MIPS (Million Instruction Per Second). Kemudian dilanjutkan pada generasi berikutnya yaitu Pentium 2, 3, dan 4 (Fauzan, 2010).
Pada akhir tahun 2000 Intel memperkenalkan Pentium 4, yang merupakan prosesor terakhir dalam keluarga Intel dengan arsitektur 32 bit (IA-32). Tahun 2001 Intel mengumumkan prosesor Itanium yang merupakan prosesor dengan basis arsitektur 64 bit (IA-64) pertama. Itanium merupakan prosesor pertama milik Intel dengan instruksi-instruksi 64 bit dan akan menelurkan satu generasi baru dari sistem operasi dan aplikasi, sementara masih mempertahankan backward compatibility dengan software 32 bit. Perlu diketahui bahwa sejak dikeluarkannya prosesor 386, komputer beroperasi pada 32 bit per satuan waktu dalam mengeksekusi informasi hingga Pentium 4. Hingga sekarang komputer yang digunakan kebanyakan masih yang berbasis 32 bit (Fauzan, 2010).

Pada generasi pentium, selain ciri khas pada peningkatan kecepatan akses datanya juga tampilan gambar sudah beresolusi (kualitas gambar) bagus dan berwarna serta multimedia, dan yang lebih penting adalah fungsi komputer menjadi lebih cerdas. Meskipun komputer pada generasi ini ukuran fisiknya menjadi lebih kecil dan sederhana namun memiliki kemampuan yang semakin berkembang dan semakin canggih.


Sumber :

Fauzan, Muhammad. 2010. Sejarah Komputer dari Generasi Pertama Hingga Sekarang .

Anggris, Yogi. 2013. Komponen-Komponen Komputer dari Generasi Pertama Hingga Sekarang.
Putra, Wahyu Ade. 2011. Perkembangan Komputer.
Diakses pada tanggal 7 Februari 2014.





1 komentar:

  1. Terima kasih sharing makalahnya sangat bermanfaat sekali , oya untuk referensi mungkin bisa juga buka website http://www.sribu.com/id , situs sribu adalah situs yang membahas mengenai desain grafis yang cukup lengkap pembahasannya

    BalasHapus